ACARA

100 Universitas yang Telah Bekerja Sama

Beberapa partner saya dan saya telah berkolaborasi dengan HR 24/7 dalam berbagai pelatihan dan webinar. Saya berterima kasih atas kerjasama yang profesional dari tim HR 24/7 – selalu update, mengatur jadwal yang rapi, terampil dalam teknik serta koneksi yang lebih luas. Semoga banyak pihak yang berkolaborasi menikmati bersama HR Team seperti yang saya alami.

Terima kasih pada tim HR 24/7 yang sudah bergabung dalam penyelenggaraan pelatihan SERVICE EXCELLENCE IN HOSPITALS: Peningkatan Kompetensi ASN: Service Excellence Tenaga Medis di Era New Normal dan SERVICE EXCELLENCE IN SERVICE OF ADMINISTRATION: Peningkatan Kompetensi ASN: Service Excellence Tenaga Administrasi di Era New Normal untuk seluruh tenaga kesehatan se-Kabupaten Mojoketo. Terima kasih untuk kerjasamanya yang membuat pelatihan ini sukses dari awal hingga akhir.

Platform global yang dapat menyatukan berbagai pemangku kepentingan dalam topik yang menarik.

Kami membutuhkan bantuan dan kerjasama dengan HR 24/7. Ini penting agar kita bisa menutupi kekurangan kita.

Artikel Terbaru

Article Cover

29 Desember 2023

Peningkatan Kapabilitas Umkm Melalui Pendampingan Adalah Kunci UMKM Dapat Go Global

Peningkatan Kapabilitas UMKM melalui Pendampingan Adalah Kunci UMKM dapat Go Global Sebagai motor penggerak perekonomian nasional, UMKM memiliki potensi sangat besar untuk masuk pasar global, terlebih jika dapat dikelola dan didukung penuh oleh negara dan berbagai stakeholder. Pengalaman masa pandemi menunjukkan bahwa UMKM yang dapat meningkat kinerjanya adalah UMKM yang go global dan UMKM yang go digital.

 

Namun di lain sisi, seperti yang kita ketahui bersama, pelaku UMKM di Indonesia sangat didominasi oleh  pelaku usaha skala mikro, yaitu sekitar 99.6%. Adapun pula kontribusi UMKM Indonesia terhadap ekspor nasional masih terbatas. UMKM yang merupakan kelompok usaha dengan jumlah entitas lebih dari 65 juta dan tingkat penyerapan tenaga kerja yang dominan, hanya menyumbang sekitar 15,6% dari total nilai ekspor nasional. Proporsi tersebut relatif masih rendah jika dibandingkan dengan kontribusi ekspor UMKM di negara lain, seperti Tiongkok sebesar 60%, Korea Selatan sebesar 48%, dan negara-negara tetangga, yakni Singapura sebesar 41% dan Thailand sebesar 29% (INDEF, 2021).

 

Apabila dilihat dari potensinya, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di ASEAN dan satu-satunya negara ASEAN yang masuk 20 negara perekonomian terbesar (G20). Selain itu, Indonesia juga merupakan negara ASEAN dengan kekayaan alam dan suku budaya terbesar. Oleh sebab itu, potensi peningkatan ekspor dari UMKM Indonesia masihlah sangat besar.

 

Peningkatan kapabilitas dari UMKM melalui pendampingan adalah kunci agar UMKM dapat berdaya saing secara global dan dapat menaikkan tingkat usahanya ke jenjang yang lebih tinggi, yang mana secara paralel juga akan meningkatkan taraf hidup dari para pelakunya. Pendampingan dapat dilakukan oleh semua pihak yang berkepentingan mulai dari pemerintah maupun swasta. UMKM harus diberikan pendampingan untuk bagaimana caranya meningkatkan kualitas produknya serta pendampingan mendapatkan pasar potensial di luar negeri. Tak lupa, dukungan dari masyarakat Indonesia sendiri untuk memakai produk-produk lokal produksi UMKM kita juga sangat penting perannya. Diharapkan produk lokal kita dapat menjadi raja di rumahnya sendiri dan go global. (BPP)

 

Bela Putra Perdana, M.M. Fasilitator PPEJP KEMENDAG Founder Inkubator Bisnis UMKM SEACORPMUDA COO Rumah Tempe Indonesia Kurator UMKM @bela_perdana

Lihat Detail
Article Cover

18 November 2023

Membangun Portofolio Digital UMKM Indonesia

Dalam era digital yang terus berkembang saat ini, memiliki portofolio digital telah menjadi suatu keharusan bagi perseorangan ataupun unit bisnis yang ingin membangun jaringan dan memperluas jejak online mereka. Terlebih lagi bagi seorang individu yang melakukan sebuah aktivitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara profesional, portofolio digital memberikan sejumlah manfaat yang tak terbantahkan. Beberapa alasan mengapa portofolio digital sangat penting diantaranya adalah portofolio digital memberikan ruang pada UMKM untuk bisa menampilkan profil bisnis secara lengkap, disertai bukti-bukti nyata dari kinerja bisnis yang bisa ditelusuri secara digital. Bagi calon mitra usaha, hal ini mempermudah dalam menilai apakah sebuah bisnis UMKM sesuai dengan kebutuhan proyek atau kerja sama yang ditawarkan. Selain itu dengan mempublikasikan portofolio digital, UMKM dapat meningkatkan visibilitas online bisnis yang dijalankan sehingga memungkinkan untuk lebih mudah ditemukan oleh calon klien, konsumen, atau rekan bisnis yang mungkin sedang mencari informasi terkait produk atau jasa yang dimiliki.

 

Portofolio digital juga dapat membantu UMKM dalam membangun citra merek (branding) sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen atau mitra bisnis dan pada akhirnya dapat mendukung aktivitas pemasaran. Portofolio digital juga memfasilitasi proses jaringan dan kolaborasi. Ketika sebuah bisnis UMKM berhubungan dengan profesional atau perusahaan lain, bisnis tersebut dapat dengan mudah berbagi tautan portofolio untuk memberikan gambaran langsung tentang bisnis yang dikelola, hal Ini dapat menjadi faktor kunci dalam membangun kemitraan dan peluang kolaborasi.

 

Membangun portofolio digital memerlukan pemilihan media yang tepat agar dapat efektif mempresentasikan bisnis yang sedang dikelola. Beberapa media yang umumnya digunakan untuk membangun portofolio digital antara lain melalui situs web bisnis, blog, platform portofolio khusus seperti Behance, Dribbble (untuk desainer), LinkedIn (personal branding) atau GitHub (untuk pengembang), yang dirancang khusus untuk memamerkan portofolio kreatif. Platform lain seperti market place, lapak e-commerce, video display seperti tiktok, youtube, shorts dan bisa juga menggunakan sosial media pada umumnya. Memilih media yang sesuai dengan jenis bisnis UMKM yang sedang dikelola dan preferensi presentasi bisnis adalah kunci untuk membangun portofolio digital yang kuat. Kombinasi beberapa media juga bisa menjadi strategi yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Lihat Detail
Article Cover

03 Juni 2023

Tentang BNSP

Badan nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Pembentukan BNSP merupakan bagian integral dari pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja yang berkualitas.

Berbeda dengan paradigma lama yang berjalan selama ini, sistem penyiapan tenaga kerja dalam format paradigma baru terdapat dua prinsip yang menjadi dasarnya, yaitu: pertama, penyiapan tenaga kerja didasarkan atas kebutuhan pengguna (demand driven); dan kedua, proses diklat sebagai wahana penyiapan tenaga kerja dilakukan dengan menggunakan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi (Competency Based Training / CBT). Pengembangan sistem penyiapan tenaga kerja dengan paradigma baru ini dimulai pada awal tahun 2000 yang ditandai dengan ditandatanganinya Surat Kesepakatan Bersama (SKB) antara Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendidikan Nasional, Ketua Umum Kadin Indonesia.

BNSP memiliki visi untuk menjadi lembaga otoritas sertifikasi profesi yang independen dan terpercaya dalam menjamin kompetensi tenaga kerja di dalam maupun luar negeri. Kemudian visi tersebut dijabarkan menjadi misi BNSP ke depannya, yaitu:
1. Mengembangkan sistem sertifikasi kompetensi profesi yang terpercaya.
2. Meningkatkan rekognisi dan daya saing tenaga kerja Indonesia di dalam maupun di luar negeri.
3. Membangun kerjasama saling pengakuan sertifikasi kompetensi secara internasional.

In-House Program
Pelatihan internal (in-house training) dan sertifikasi BNSP dapat dilakukan secara ekslusif di organisasi / instansi anda dengan menghubungi 0821 3989 0088 (Fitri)

BERANDA

Lihat Detail
https://youtu.be/3ekTiBmfPvc

Temukan kami di instagram

Ikuti kami di instagram