ARTIKEL
HIERARKI PEMASARAN UNTUK UMKM
Saat ini cara pemasaran organik masih kalah bersaing dengan pemasaran bayaran, terutama di lingkungan media sosial. Pemasaran bayaran adalah kegiatan memasarkan dengan memanfaatkan fasilitas berbayar yang disediakan oleh media sosial seperti Instagram Ads atau Facebook Ads. Namun, apakah jika menggunakannya sudah pasti akan memperoleh hasil sesuai harapan? Bisa ya, bisa juga tidak.
Lalu, bagaimana seharusnya UMKM mendesain cara pemasarannya dengan lebih efektif dan efisien?
Salah satu langkah sederhana untuk dapat memasarkan produk atau layanan dengan efektif dan efisien adalah dengan memahami hierarki pemasaran. Hierarki ini adalah tingkatan dalam proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen yang telah disederhanakan. Istilahnya, seorang konsumen yang tidak pernah tahu tentang produk kita, kemungkinan besar pasti tidak mau membeli produk kita. Maka, jika kita sebagai UMKM ingin konsumen membeli produk kita, kita harus berusaha membuat konsumen kenal, tertarik, ingin mencoba, dan akhirnya membeli produk kita.
Oleh karena itu, UMKM yang bijak tentunya akan mempersiapkan rencana dan strategi yang kreatif untuk membuat konsumen kenal, tertarik, membeli, hingga akhirnya konsumen tersebut secara mandiri mau mempromosikan produk UMKM tanpa dibayar. Pemahaman hierarki ini penting agar UMKM tidak hanya terjebak dalam strategi tunggal yang “itu-itu saja” dalam memasarkan produknya.