ARTIKEL

Peningkatan Kapabilitas Umkm Melalui Pendampingan Adalah Kunci UMKM Dapat Go Global

Peningkatan Kapabilitas UMKM melalui Pendampingan Adalah Kunci UMKM dapat Go Global Sebagai motor penggerak perekonomian nasional, UMKM memiliki potensi sangat besar untuk masuk pasar global, terlebih jika dapat dikelola dan didukung penuh oleh negara dan berbagai stakeholder. Pengalaman masa pandemi menunjukkan bahwa UMKM yang dapat meningkat kinerjanya adalah UMKM yang go global dan UMKM yang go digital.

 

Namun di lain sisi, seperti yang kita ketahui bersama, pelaku UMKM di Indonesia sangat didominasi oleh  pelaku usaha skala mikro, yaitu sekitar 99.6%. Adapun pula kontribusi UMKM Indonesia terhadap ekspor nasional masih terbatas. UMKM yang merupakan kelompok usaha dengan jumlah entitas lebih dari 65 juta dan tingkat penyerapan tenaga kerja yang dominan, hanya menyumbang sekitar 15,6% dari total nilai ekspor nasional. Proporsi tersebut relatif masih rendah jika dibandingkan dengan kontribusi ekspor UMKM di negara lain, seperti Tiongkok sebesar 60%, Korea Selatan sebesar 48%, dan negara-negara tetangga, yakni Singapura sebesar 41% dan Thailand sebesar 29% (INDEF, 2021).

 

Apabila dilihat dari potensinya, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di ASEAN dan satu-satunya negara ASEAN yang masuk 20 negara perekonomian terbesar (G20). Selain itu, Indonesia juga merupakan negara ASEAN dengan kekayaan alam dan suku budaya terbesar. Oleh sebab itu, potensi peningkatan ekspor dari UMKM Indonesia masihlah sangat besar.

 

Peningkatan kapabilitas dari UMKM melalui pendampingan adalah kunci agar UMKM dapat berdaya saing secara global dan dapat menaikkan tingkat usahanya ke jenjang yang lebih tinggi, yang mana secara paralel juga akan meningkatkan taraf hidup dari para pelakunya. Pendampingan dapat dilakukan oleh semua pihak yang berkepentingan mulai dari pemerintah maupun swasta. UMKM harus diberikan pendampingan untuk bagaimana caranya meningkatkan kualitas produknya serta pendampingan mendapatkan pasar potensial di luar negeri. Tak lupa, dukungan dari masyarakat Indonesia sendiri untuk memakai produk-produk lokal produksi UMKM kita juga sangat penting perannya. Diharapkan produk lokal kita dapat menjadi raja di rumahnya sendiri dan go global. (BPP)

 

Bela Putra Perdana, M.M.
Fasilitator PPEJP KEMENDAG
Founder Inkubator Bisnis UMKM SEACORPMUDA COO Rumah Tempe Indonesia
Kurator UMKM
@bela_perdana

Share this article :