ARTIKEL

Peran Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram dalam Memajukan UMKM

UMKM memiliki peran strategis, baik yang bersifat sosial maupun ekonomis, dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dari segi sosial, UMKM mampu menyerap tenaga kerja sehingga diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan, dan dari fungsi ekonomi, UMKM menyediakan berbagai barang dan jasa untuk berbagai kalangan.

 

Untuk mendukung keberhasilan peran strategis UMKM, Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram (FE-UWM) di Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan yang fokus terhadap isu-isu ekonomi turut serta dalam upaya memajukan UMKM melalui peran Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa:

Pelaksanaan pendidikan, seperti: Meningkatkan literasi dunia UMKM dengan menjadi narasumber dan menulis opini tentang UMKM, Inkubasi Bisnis, dan Koperasi Mahasiswa, mengenalkan usaha kepada pelajar sejak dini melalui kegiatan “Widya Mataram Got Talent”, serta memasukkan materi UMKM dalam mata kuliah Kewirausahaan dan Bisnis di semua Program Studi (Akuntansi, Manajemen, dan Prodi Kewirausahaan).

 

Peran langsung terhadap pelaku UMKM adalah melalui TIM Penggerak UMKM FE-UWM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dengan melaksanakan Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat berupa: Pendampingan terhadap UMKM yang tersebar di beberapa wilayah khususnya wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai tingkat dusun, kecamatan, hingga provinsi, seperti pendampingan tentang strategi pemasaran UMKM di Dusun Kronggahan Trihanggo, pendampingan kewirausahaan di Kecamatan Kraton Yogyakarta, dan lain sebagainya.

 

Selama pandemi COVID-19 Tim Penggerak UMKM FE-UWM melakukan pendampingan secara online untuk UMKM di luar Yogyakarta untuk hal-hal yang memungkinkan dilakukan jarak jauh, seperti pembukuan, perijinan legalitas usaha, dan Bisnis Model Canvas (BMC). Lalu pendampingan langsung ke lapangan untuk bertahan di tengah ketidakpastian, seperti pelatihan digital marketing, product packaging di Up2K Gedongkiwo Yogyakarta dan beberapa isu penting terkait strategi bisnis pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19 di beberapa titik wilayah Yogyakarta. Target pengembangan dilakukan mulai dari start up business oleh kalangan muda dan berbagai usaha mulai tingkat Ultra Mikro hingga UMKM dari berbagai jenis industri. (TPU)

Share this article :