ARTIKEL

BERBISNIS DAN MENCERDASKAN ANAK USIA DINI

Turut berpartisipasi memperkuat UMKM, Jurusan Manajemen Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) secara rutin melaksanakan Program Sustaining Competitive and Responsible Enterprises (SCORE) Unpar yang dipimpin oleh Ibu Triyana Iskandarsyah, Dra., M.M. SCORE merupakan program yang dirintis International Labor Organization (ILO). Unpar mengenal Program SCORE tahun 2016 melalui Business and Export Development Organization (BEDO) dengan Bapak Jeff Kristianto sebagai Manajer Program dan Bapak Januar Rustandie sebagai Manajer Proyek SCORE Indonesia.

 

Saya turut berpartisipasi sebagai trainer dan coach dalam Program SCORE Unpar. Salah satu usaha mikro binaan adalah ‘Erica Ngecoz’. ‘Erica’ diambil dari nama pemilik usaha Rika Novianty dan ‘Ngecoz’ istilah bahasa Sunda berarti ‘menjahit’. Dari kegemarannya menjahit, Ibu Rika membuka usaha handycraft, membuat ‘busy book’, ‘pojok mendongeng’, dan produk pesanan dengan tema khusus, seperti replikasi makanan, alat peraga kedokteran, dll. Dalam proses pendampingan, muncul produk baru ‘sarung tangan mendongeng’.

 

Produk handmade ‘busy book’ berbentuk buku dari lembaran kain flannel yang setiap lembarnya dihias untuk edukasi motorik anak, seperti: menalikan tali sepatu. Kain ukuran 1mx2m ‘pojok mendongeng’ dihias sesuai kebutuhan. Juga ‘sarung tangan mendongeng’ dengan karakter berbeda pada tiap jari. Semuanya alat peraga literasi edukasi bagi guru PAUD. Sambil berbisnis, Ibu Rika turut mencerdaskan anak usia dini.

Share this article :