ARTIKEL

PEMASARAN MEDIA SOSIAL: STRATEGI PROMOSI PENJUALAN PRODUK LOKAL DI DESA SEGARA JAYA

Dalam rangka memperkenalkan produk lokal buatan masyarakat desa Segara Jaya, Bekasi, perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan terkait strategi promosi penjualan yang efektif dan efisien melalui media sosial. Tujuan dari pelatihan dan pendampingan ini yaitu memotivasi dan mengedukasi masyarakat desa Segara Jaya dalam mengelola usahanya menggunakan pemasaran media sosial. Proses pendampingan ini dilakukan dengan metode konseling dan demonstrasi yang diikuti oleh beberapa peserta yang merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

 

Peserta diberikan pemahaman dan pengenalan pemasaran media sosial berupa Facebook, Twitter, Instagram, dan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak yang memudahkan mereka dalam mempromosikan produk lokalnya dengan beberapa strategi pemasaran. Target dari pelatihan dan pendampingan ini adalah peserta mampu memasarkan dan menjual produk lokalnya secara online menggunakan media sosial interaktif. Selain itu, dengan adanya pendampingan media sosial interaktif diharapkan pelaku usaha dapat menciptakan peluang bisnis yang lebih besar dan berkembang terhadap produk lokal yang dihasilkan. Kondisi tersebut tentunya akan berdampak positif bagi peningkatan pendapatan usaha mereka di masa mendatang.

Share this article :